PENGERTIAN MANAJEMEN
1. “Manajemen adalah suatu proses yang
terdiri dari rangkaian kegiatan, seperti perencanaan, pengorganisasian,
penggerakan dan pengendalian/pengawasan, yang dilakukan untuk menetukan dan
mencapai tujuan yang telah ditetapkan melalui pemanfaatan sumberdaya manusia
dan sumberdaya lainnya”
2. Manajemen Adalah Manajemen dapat diartikan sebagai
suatu kegiatan yang memiliki target dan tujuan dengan menggunakan perencanaan,
pengarahan serta pengorganisasian dalam mencapai tujuan tersebut, Kata
Manajemen berasal dari bahasa Perancis kuno ménagement, yang memiliki arti
“seni melaksanakan dan mengatur.” Manajemen belum memiliki definisi yang mapan
dan diterima secara universal.
3. manajement adalah proses
mengatur, mengimbangi, mempengaruhi, serta mengawal baik seorang induvidu,
kumpulan maupun objek yg bertujuan untuk menjayakan suatu sasaran yg telah
ditetapkan.
DEFINISI MANAJEMEN
A. Mary
Parker Follet
manajemen sebagai seni menyelesaikan
pekerjaan melalui orang lain. Definisi ini berarti bahwa seorang manajer
bertugas mengatur dan mengarahkan orang lain untuk mencapai tujuan organisasi.
B. Drs. Oey Liang Lee
Manajemen
adalah seni dan ilmu perencanaan pengorganisasian, penyusunan, pengarahan dan
pengawasan daripada sumberdaya manusia untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
C. G.R.
Terry
manajemen adalah suatu proses atau kerangka kerja, yang
melibatkan bimbingan atau pengarahan suatu kelompok orang-orang kearah
tujuan-tujuan organisasional atau maksud-maksud yang nyata.
D. Ricky
W. Griffin
sebuah proses perencanaan, pengorganisasian,
pengkoordinasian, dan pengontrolan sumber daya untuk mencapai sasaran (goals)
secara efektif dan efesien.
Efektif berarti bahwa tujuan dapat dicapai sesuai dengan perencanaan, sementara
efisien berarti bahwa tugas yang ada dilaksanakan secara benar, terorganisir,
dan sesuai dengan jadwal.
E. Prof. Eiji Ogawa
Manajemen
adalah Perencanaan, Pengimplementasian dan Pengendalian kegiatan-kegiatan
termasuk system pembuatan barang yang dilakukan oleh organisasi usaha dengan
terlebih dahulu telah menetapkan sasaran-sasaran untuk kerja yang dapat
disempurnakan sesuai dengan kondisi lingkungan yang berubah.
F. Henry Fayol
Manajemen
mengandung gagasan lima fungsi utama yaitu, merancang, mengorganisasi,
memerintah, mengoordinasi, dan mengendalikan.
G. Federick Winslow Taylor
Manajemen adalah
Suatu percobaan yang sungguh-sungguh untuk menghadapi setiap persoalan yang
timbul dalam pimpinan perusahaan (dan organisasi lain)atau setiap system
kerjasama manusia dengan sikap dan jiwa seorang sarjana dan dengan menggunakan
alat-alat perumusan.
DAFTAR PUSTAKA
afrizalwszaini.wordpress.com/.../defenisi-manajemen-pu...
fhetriusemahu.blogspot.com/.../pengertian-manajemen-...
herugan.com
› Lain-Lain
karodalnet.blogspot.com/.../pengertian-manajemen-m..
Tidak ada komentar:
Posting Komentar